5 Cara Terbaik Meningkatkan Kinerja Karyawan Kantoran

  • Home
  • blog
  • 5 Cara Terbaik Meningkatkan Kinerja Karyawan Kantoran
5 Cara Terbaik Meningkatkan Kinerja Karyawan Kantoran

Proses meningkatkan kinerja karyawan sangat penting. Tujuannya adalah agar performa perusahaan bisa semakin baik dari waktu ke waktu. Namun seringkali banyak perusahaan kurang tahu caranya.

Ternyata lebih dari 60% karyawan belum efisien dalam mendayagunakan karyawannya. Ada juga yang ingin mendayagunakan karyawan sebaik-baiknya, namun justru melakukan eksploitasi yang menyebabkan karyawan tidak betahan di kantor.

Panduan Meningkatkan Kinerja Karyawan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat performa karyawan menjadi lebih baik tanpa menyebabkan turn over yang tinggi. Adapun beberapa cara tersebut antara lain:

  1. Berikan Struktur Kerja yang Jelas

    Salah satu keluhan terbesar para karyawan adalah struktur kerja yang tergolong berantakan. Misalnya siapa yang perintah kerjanya harus lebih dulu dituruti, Pak Agus sebagai Kepala Team, atau Bu Agus sebagai Manager Project.

  2. Buat Sistem Reward dan Punishment

    Pemberian hadiah untuk karyawan berprestasi dapat memacu karyawan untuk memberikan hasil kerja yang terbaik. Begitu juga hukuman jika performa kurang dari standart yang diharapkan dapat memacu karyawan untuk tidak asal-asalan dalam bekerja.

  3. Pastikan Ada Jenjang Karir yang Jelas

    Ada dua hal yang paling diinginkan karyawan. Pertama adalah kenaikan gaji, kedua adalah kenaikan jenjang karir. Untuk itu, pastikan anda membuat detail standart karyawan berhak naik jenjang karir, dan detail performa karyawan. Dengan cara ini, kenaikan jenjang karir benar-benar bisa adil dan transparan sehingga tidak menimbulkan kecemburuan dan konflik di atas karyawan.

  4. Pelatihan Secara Berkala

    Kemampuan seorang karyawan harus semakin ditingkatkan. Dengan demikian, karyawan bisa melakukan lebih dari 1 pekerjaan. Pelatihan juga sangat penting untuk memastikan meningkatkan kinerja karyawan sehingga karyawan bisa sangat ahli dalam bidang pekerjaannya. Hasil dari pelatihan ini membuat hasil kerja karyawan lebih cepat, lebih baik, lebih produktif, dan minim kesalahan kerja.

  5. Sistem Laporan Kerja yang Sistematis

    Hal terakhir yang sangat dibutuhkan adalah adanya detail sistem laporan kerja yang sistematis. Adanya sistem laporan kerja ini dapat meningkatkan kinerja karyawan lebih dari 50 persen. Sistem laporan ini membantu perusahaan mengetahui apa yang sudah dikerjakan setiap karyawan dengan detail. Hal ini mencegah adanya karyawan melakukan hal-hal tidak bermanfaat bagi perusahaan selama jam kerja.

Agar semua hal di atas dapat maksimal, sangat penting memiliki aplikasi yang dapat mendata karyawan dengan lengkap dan mendetail. Mulai dari sistem penggajian, sistem laporan kinerja karyawan, dan data karyawan mana yang perlu mendapat pelatihan, mana yang harus diberikan punishment, mana yang mendapat reward, dan mana yang sudah layak mendapatkan kenaikan jenjang karir.

Sobat Teknologi adalah solusi kebutuhan aplikasi perkantoran yang dapat memonitor dan menghitung kinerja karyawan. Sobat Teknologi siap membantu membuatkan sistem ERP untuk perusahaan kamu. Enterprise Resource Planning atau yang lebih dikenal dengan sebutan (ERP) merupakan singkatan dari enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya), planning (perencanaan).

Apakah kamu sudah memilih aplikasi ERP? Ingin mencari tahu perusahaan seperti apa yang layak untuk pembuatan ERP? Check: Rekomendasi Perusahaan Software di Jakarta

Demikianlah beberapa hal yang menjadi cara paling direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja karyawan di kantor. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us