Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan oleh Software House

  • Home
  • blog
  • Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan oleh Software House
Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan oleh Software House

Masih banyak kesalahan software house yang kerap terjadi. Umumnya kesalahan ini terjadi karena adanya misskomunasi dengan klien. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahu apa saja kesalahan yang sering terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Memang manusia kerap melakukan kesalahan. Namun jika sesuatu dikerjakan dengan teliti maka kesalahan-kesalahan dapat dihindari. Sayangnya, dalam pembuatan aplikasi kadangkala ada kesalahan yang terjadi.

Mungkin Terjadi, Inilah Kesalahan Software House yang Harus Diwaspadai

Software house dituntut untuk bekerja secara profesional dan menjadi solusi untuk kebutuhan pembuatan software maupun aplikasi. Namun human error bisa terjadi. Bisa dimaklumi, tetapi tentu kesalahan ini tidak diharapkan.

Celakanya, kesalahan ini biaya perbaikannya sangat besar. Biaya perbaikan ini tidak melulu bicara tentang uang, namun tentang tenaga, pikiran, dan waktu untuk memperbaikinya. Nah, beberapa kesalahan ini antara lain adalah:

  1. Kesalahan Memahami Brief

    Kadangkala software house sudah berusaha membuat aplikasi dan software yang sesuai dengan brief anda. Namun karena brief tersebut memang kurang lengkap, kurang detail, atau bersifat multitafsir maka kesalahan programming bisa saja terjadi.

    Contoh kesalahan memahami brief adalah ketika anda sebagai klien meminta sebuah aplikasi yang bisa bekerja di perangkat IOS. Dalam hal ini software house mengasumsikan aplikasi hanya pada IOS saja sehingga tidak berfungsi pada android.

    Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan briefing secara mendetail dan mendalam sehingga kesalahan-kesalahan persepsi bisa dihindari.

  2. Budgetting dan Waktu

    Kendala lain yang kerap terjadi adalah masalah budgetting dimana software house sudah mengestimasi biaya pembuatan, namun ternyata ada biaya tambahan yang membuat tagihan pembuatan aplikasi membengkak.

    Selain itu, kesalahan yang paling sering dilakukan jasa pembuatan aplikasi adalah dalam hal mengestimasi waktu penyelesaian. Seringkali ternyata waktu penyelesaian mengaret karena kendala internal maupun ada ditemukannya bug maupun revisi-revisi.

Selain kedua hal tersebut sebenarnya masih ada beberapa kesalahan-kesalahan lain yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih software house yang memang handal dan profesional sehingga resiko-resiko tersebut bisa dihindari. Selain itu, pastikan software house pilihan anda memang sudah berpengalaman dan sudah banyak belajar banyak kesalahan dari software house lainnya.

Lihat Juga: Masalah yang Sering Terjadi Pada Software

Demikianlah beberapa hal yang menjadi kesalahan software house ataupun jasa pembuatan aplikasi lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua yang sedang ingin membuat aplikasi ataupun software. Team Sobat merasa senang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us