5 Langkah dan Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly

  • Home
  • blog
  • 5 Langkah dan Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly
5 Langkah dan Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly

Jika sebuah aplikasi user friendly pengguna akan merasa lebih nyaman. Namun banyak program yang buruk secara user interface. Oleh sebab itu, sebuah program harus dicek secara UI/UX dan berdasarkan data yang akurat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aplikasi yang baik secara UI/UX dan bagaimana membuat aplikasi yang lebih ramah pada user. Semoga bermanfaat.

Manfaat dari Software yang User Friendly

Sebuah software aplikasi bukan sekedar apakah berfungsi atau tidak. Hal paling penting lainnya adalah apakah aplikasi mudah dan nyaman ketika digunakan oleh user. Apa manfaatnya?

Beberapa manfaat yang didapatkan jika sebuah aplikasi ramah terhadap user atau pengguna antara lain adalah:

  • Akan Lebih Sering Dipakai

    Ketika aplikasi mudah dan nyaman digunakan, maka user akan kembali menggunakan aplikasi tersebut. User cenderung meninggalkan aplikasi yang ribet dan lambat walaupun aplikasi tersebut lebih lengkap.

  • Lebih Banyak Dipakai

    Aplikasi user friendly dapat membuat lebih banyak orang untuk menggunakannya. Faktanya, berdasarkan penelitian teknologi, sebuah aplikasi yang user friendly akan lebih mudah untuk viral dan lebih banyak dipakai orang ketimbang aplikasi yang menggunakan iklan jor-joran.

  • Sinkron dengan Website

    Biasanya aplikasi yang kurang responsive dan membuat user tidak betah ketika diintegrasikan ke website maka website menjadi lemot dan bounce ratenya akan lebih tinggi. Hal ini tentunya menyebabkan beberapa kendala serius pada website. Misalnya SEO nya menjadi kurang, user kurang percaya pada website tersebut, dan revenue yang didapatkan dari website menjadi turun drastis.

Lalu aplikasi dan software seperti apa yang “bersahabat dengan pengguna”? Ada beberapa ciri-cirinya. Pastikan anda mengecek apakah ciri-ciri di bawah ini sudah sesuai dengan kondisi web anda.

Ciri Aplikasi User Friendly

Salah satu manfaat aplikasi yang ramah pengguna adalah pengguna merasa puas dan nyaman ketika pakai aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, dapat diturunkan beberapa hal yang menjadi ciri aplikasi yang user friendly antara lain adalah:

  1. Mudah Digunakan

    Untuk menentukan apakah aplikasi benar-benar mudah digunakan maka harus ada beberapa audiens yang diminta tolong mencoba aplikasi buatan anda. Mereka akan mengisi survey pendapat mengenai kemudahan menggunakan aplikasi tersebut.

    Jika audiens merasa aplikasi kurang mudah untuk digunakan, maka tanyakanlah hal-hal apa yang membuat mereka kesulitan menggunakan aplikasi. Tanyakan juga perubahan apa saja yang diperlukan dan disarankan oleh audiens.

  2. Perpaduan Warna yang Tepat

    Selain menanyakan kepada audiens apakah aplikasi mudah digunakan, sangat penting juga untuk menanyakan apakah tampilan website sudah tepat. Misalnya apakah perpaduan warna sudah pas.

    Biasanya user akan menyukai aplikasi dengan warna font yang mudah terbaca, bersih (dominan putih), dan menggunakan warna yang disukai banyak orang serta menenangkan. Misalnya warna biru dan kuning.

  3. Waktu Loading

    Menunggu adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Apalagi jika sedang terburu-buru. Oleh sebab itu, salah satu ciri user friendly adalah tidak banyak loading.

    Rata-rata orang hanya tahan menunggu 1-3 detik saja. Lebih dari itu, user akan merasa bosan. Oleh sebab itu, memastikan aplikasi milik anda lebih cepat tanpa loading adalah sebuah keharusan.

  4. Responsive

    Jika aplikasi diintegrasikan pada website, pastikan agar aplikasi bersifat responsive. Artinya, aplikasi memiliki tampilan yang baik ketika dibuka melalui dekstop maupun melalui tablet dan mobile.

    Jangan sampai membuat kesalahan banyak developer di mana sebuah aplikasi ternyata berantakan ketika dibuka di halaman mobile, atau aplikasi error ketika dibuka pada perangkat dengan ukuran layar tertentu.

  5. Tanpa Bug dan User Senang Setelah Pakai

    Setelah keempat ciri diatas terpenuhi, satu hal penting terakhir adalah apakah user senang setelah menggunakan aplikasi yang anda miliki. Jika ada kendala seperti bug tentu akan menyebalkan bagi user.

    Selain itu, cari tahu juga apakah aplikasi tersebut memang bermanfaat bagi user. Jangan sampai aplikasi anda justru terinject virus yang hanya menampilkan iklan tidak bermanfaat.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Bug pada Aplikasi Android

Anda ingin memastikan aplikasi yang telah dibuat benar-benar user friendly? Sobat Teknologi bisa menjadi solusi untuk kebutuhan ini.

Di Sobat Teknologi kami memiliki team-team ahli dan profesional di bidang UI/UX yang siap memastikan aplikasi anda lebih disukai oleh user, lebih nyaman ketika diintegrasikan di website, dan bisa dibaca oleh google sehingga peringkat ASO nya lebih tinggi di Play Store.

Demikianlah beberapa hal seputar aplikasi user friendly yang wajib diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat menginspirasi serta menyemangati kita mendapatkan program yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us